Rabu, 06 April 2016

Jembatan Semanggi Akan Dibikin Semakin Keren


GULA77 - Peletakan batu pertama pembangunan jalan layang Semanggi direncananya dilakukan Jumat (8/4). Pembangunan infrastruktur tersebut diprediksi menelan biaya Rp300 miliar. Menurut Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pembangunan jalan layang Semanggi itu merupakan sejarah sipil pertama Indonesia yang memasang (bridgecase) membentang sepanjang 800 meter.

 Adanya sarana jalan ini orang nomor satu di ibukota tersebut meyakini mampu mengurangi kemacetan. Tidak itu saja jembatan ini nanti semakin keren. “Kapasitas jalan di Semanggi yang ada saat ini memang sudah tidak cukup untuk menampung jumlah kendaraan. Akibatnya, kemacetan kerap terjadi di lokasi ini. Kita akan bangun jalan layang itu. Dana pembangunan jalan layang Semanggi sebesar RP300 miliar, ” ujar Ahok , Selasa (5/4).

Sebelumnya, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Simpang Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Heru Suwondo mengatakan saat ini proses pembangunan sudah dalam tahap lelang. Khusus untuk pembangunan infrastruktur ini tidak dibiayai oleh anggaran daerah. Melainkan menggunakan dana kewajiban pengembang. “Semanggi itu tidak menggunakan APBD karena dari pihak swasta.

Pembangunan itu sesuai permintaan Gubernur DKI Jakarta,” kata Heru. Adapun dalam rancangannya jalan layang Semanggi akan dibangun berbentuk dua lingkaran. Masing-masing jalan layang memiliki 1 kilometer. Dengan tinggi dari jalan sekitar 5,1 meter. Sehingga, arus kendaraan dari arah Cawang ke Monas atau dari Grogol ke Blok M bisa melintasi jalan layang itu.

Ditargetkan pada pertengahan 2017 dua FO berbentuk bunga ini bisa rampung dikerjakan dan itu bisa mengurai kemacetan yang ada. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Risyapudin mengatakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, bakal melakukan survei untuk mengetahui presentase kemacetan yang terjadi di Semangi. Sehingga, pihaknya bisa mengetahui presentase kemacetan yang bisa berkurang dengan berdirinya jembatan layang itu.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Pemprov DKI terkait pembangunan jembatan layang tersebut. Utamanya menyangkut konsepnya, nanti kendaraan dari arah Ratu Plaza menuju ke Cawang tidak harus melewati putaran di bawah Jalan Gatot Subroto lagi. “Jadi bisa langsung naik jalan layang dan belok ke kanan menuju Cawang. Begitu juga dari arah Slipi yang mau masuk ke Jalan Sudirman atau Kebayoran Baru,” ungkapnya(PosKota)

Red Carpet IHEART RADIO
Penambang Ilegal Ditangkap
Mobil Lawan Pesawat Jet





Tidak ada komentar:

Posting Komentar