Selasa, 28 Juni 2016

Banyak Orang Tergiur Dengan Gemerlapnya Jakarta, Tapi Akhirnya Jadi Pengemis


GULA77 - 90 Penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) jalanan yang menempati Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1, Kedoya, Jakarta Barat, dipulangkan ke Jawa Barat dan Jawa Tengah. Pemulangan PMKS merupakan rutinitas setiap bulan, terutama pada musim mudik menjelang Lebaran. Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Susana Budi Susilowati mengatakan, tujuan dari pemulangan adalah menyelamatkan mereka yang ada di jalan dari situasi menggelandang dan mengemis untuk dikembalikan kepada keluarga.

Dengan kembalinya kepada keluarga, tentu mereka akan menjadi lebih baik. Melalui upaya pemulangan tersebut, PMKS diharapkan memiliki masa depan yang lebih baik, bisa mendapat pekerjaan lebih mulia daripada meminta-minta di jalanan Ibu Kota. "PMKS ini mulanya tergiur dengan gemerlap Jakarta. Mereka merasa di Jakarta memiliki peluang untuk memperbaiki taraf hidupnya.

Namun, karena tidak memiliki keterampilan dan kemampuan khusus yang dibutuhkan di Jakarta, akhirnya mereka menggelandang dan mengemis," kata Susan. Sebelum dipulangkan para PMKS telah menandatangani surat pernyataan bermeterai yang merupakan perjanjian bahwa mereka tidak akan mengemis kembali atau menggelandang di Jakarta.

"Jadi, kalau mereka terkena penjangkauan lagi, mereka akan berurusan dengan kepolisian. Sudah tidak masuk panti lagi, tetapi masuk ke lembaga permasyarakatan," kata Susan. Ia mengaku tidak melarang warga dari daerah lain hijrah ke Jakarta asal memiliki keterampilan yang dibutuhkan di Ibu Kota, serta sanak keluarga untuk menjamin tempat tinggal sehingga mereka tidak hidup di jalan.(antara)

Roller Coaster Terlempar Dari Rel
Berjalan Dengan Batu Diatas Kepalanya
Lionel Messi Pensiun Dari Timnas



Tidak ada komentar:

Posting Komentar